Jumat, 04 Juli 2014

Susah beradaptasi? Cekidot !!!

  




 Kali ini gue bakal share tentang gimana sih caranya agar bisa CEPAT beradaptasi dengan lingkungan baru dengan MUDAH.

 At least, pertama yang harus gue ingetin ke kalian semua, sebenernya kita selalu jadi si ANAK BARU di berbagai event kehidupan kita yang fana ini bertabur beberapa imaji dan bertabrakan dengan realita. Mulai dari kapan kita meloncat keluar dari baru pertama kali muncul di dunia ini ( baca : dilahirkan ), lalu ada berbagai fase dimana kita menjadi anak baru di lingkungan rumah kita, ada juga lingkungan keras tempat dimana terjadinya hukum rimba, bahwa yang terkuatlah yang akan menduduki kasta tertinggi di daerah teritorialnya ( baca : masa sekolah ), mulai dari masa SD dimana kita mulai mengerti bahwa seharusnya lava dingin yang bisa meluncur bebas dengan pose angka 11 dari hidung kita ternyata seharusnya kita bersihkan, entah itu dengan tissue, lengan baju ataupun ada beberapa anak kreatif yang memeperkan benda kental tersebut dengan berbagai trik entah itu berjabat tangan, berpura-pura menepuk pundak temannya sehabis mereka mengelap menggunakan tangan mereka..hhmm indahnya masa itu. Ataupun ada beberapa dimasa itu beberapa siswa yang sudah mengalami pubertas dini yang mengerti kegunaan titit mereka bisa melakukan hal jahanam semacam ini :
Don't try this  anywhere!
kegiatan yang dimana teman-teman wanitanya yang menjadi korban pelecehan tersebut hanya menjerit-jerit layakya orang yang sedang beratraksi kuda lumping walaupun tidak sambil memakan beling, mengadu ke guru ataupun ada yang hanya menangis sesenggukan di bangkunya yang besoknya kejadian tersebut berulang lagi dan lagi, hal yang dimana kita sudah tidak bisa lakukan lagi dimasa kita beranjak dewasa ataupun sudah berada di dunia kerja, jika masih melakukan hal semacam itu hanya 2 pihak yang akan mentolerir perbuatan kita: penghulu ataupun kepolisian, dan berurusan mereka dengan perbuatan sepele tersebut tidaklah elite, percayalah! keseruan-keseruan masa SD itu biasa tak bisa kita lupakan dengan mudah dan menjadi kenangan indah di relung terdalam sanubari ini. Lalu ada dimana kita memasuki masa menjadi ANAK BARU di fase SMP dan SMA yang sebagian orang menyebut masa itu sebagai masa orientasi seseorang untuk menemukan jati diri mereka, dan ada pula yang menyebut masa itu adalah proses dimana kita akan menentukan apakan kita akan benar-benar menjadi orang nantinya, atau kembali kepada kodrat bahwa kita adalah makhluk yang keluar dari ledakan sebongkah batu. Hello mas, mba', jeung, bu'de, pa'de, perasan dari lahir kita udah pure menjadi manusia deh, dan itu berarti sejak lahir kita udah jadi orang beneran! benar-benar kata yang ambigu, "kalau udah gede nanti kamu harus jadi orang", mereka pikir kita apa? -___-.  Di masa ini biasanya kita mengenal istilah paling populer  yang menunjukan kasta kita di area pergaulan kita. Istilah ini biasanya disebut status "berpacaran" dimana kelakuan seseorang bisa berubah drastis 90% persen menjadi seperti gajah horny yang bisa berbuat anarkis terhadap siapapun yang mereka anggap sebagai ancaman terhadap hubungan antara dia dan si do'i. dimana mereka terus berusaha tampil se-sempurna mungkin untuk menarik calon gebetan ataupun pacar mereka dan meninggalkan gengsi mereka. Lalu ada fase dunia KULIAH atau dunia KERJA, ataupun yang mengalami kedua fase tersebut secara bersamaan kaya yang gue jalanin sekarang KULIAh sambil KERJA, dimana kita dituntut benar-benar dewasa untuk menentukan suatu pilihan yang urgent demi masa depan kita yang nantinya akan fatal untuk kehidupan kita kedepannya, misalnya jika kita bercita-cita menjadi seorang Arsitek di jaman sekolah tiba-tiba kita mengambil sekolah kedokteran, percaya deh design sebuah bangunan dan sistem pernafasan belalang itu BERBEDA ! jadi jangan salah pilih, disini kita juga menjadi seorang ANAK BARU lagi. Di Fase selanjutnya ada dimana kita kembali berjibaku dengan lingkungan dunia baru yang sekali lagi menempatkan kita di posisi si ANAK BARU lagi, masa berumah tangga dan bertetangga, dan di akhiri kita menjadi ANAK BARU di akhirat nanti yang entah kita berada mengakhiri fase ANAK BARU di Surga (amiien) ataupun Nau'dzubilah di tempat yang kurang suka gue sebutin, kalian pasti tau maksud gue tempat itu.

 Nah, untuk mengatasi rasa canggung dan kesulitan beradaptasi dengan lingkungan baru ini, untuk semua fase gue mau berbagi 3 tips ampuh agar bisa CEPAT beradaptasi dengan lingkungan baru dengan MUDAH, check this out!

1.SENYUM
 Nah, ini langkah paling ampuh dan simpel menurut gue untuk cepat kita bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar, yap! berilah senyuman ke setiap orang kamu temui entah itu di jalan ataupun ruangan kelas ataupun kantor baru yang kamu tempati untuk menarik simpatik teman-teman barumu di lingkungan sekitar dan menciptakan kesan ramah yang sangat penting kamu punya untuk nantinya ke depan kamu tidak dijauhi denga alasan "ah males deket-deket dia, dia mah jutek", karena pastinya orang-orang normal ingin memiliki pergaulan sehat yang di dalamnya penuh berbagai macam karakter dan itu berarti untuk mendapatkan pergaulan dengan berbagai karakter di dalamnya kita harus meliki banyak teman sebagai salah satu syarat mutlak yang harus dipenuhi.

Berikut ini gue bakal berbaik hati dengan membagikan cara tersenyum dengan baik dan benar, karena beberapa orang gue pikir belum bisa tersenyum secara baik dan benar, akhir-akhir belakangan ini gue malah ketemu beberapa orang yang bisa tersenyum sendirian tanpa alasan tertentu dan bahkan bisa melakoni beberapa adegan dialog sendiri dan tertawa serta menangis sendiri, mereka adalah temen sekamar di bangsal gue sekarang, loh? .
Ini tutorial tersenyum dengan baik dan benar:
- Pastikan kalo kamu memiliki posisi muka di bagian depan kepala, jangan berada di samping ataupun berada sejajar dengan punggung kalian karena ini akan berefek traumatis parah untuk orang yang akan kalian beri senyuman, cek segera di cermin terdekat!
- Jika sudah memastikan posisi wajah kamu, sekarang cek kelengkapan wajah kamu, pastikan komposisinya sebagai berikut: kening berada di tengah, bermata dua dengan posisi simetris bukan satu di tengah, jika kamu memiliki gejala ini jangan sedih bila anda sesekali diteriaki sebagai titisan dajjal, lalu kamu harus berhidung, jika ragu, cek silsilah keluarga anda, jika ada Voldemort di garis keturunan keluarga kamu, percayalah, darah itu yang menyebabkan kamu tidak berhidung, dan pastikan posisinya vertical bukan horizontal, serta berada di tengah diapit oleh kedua pipimu, bukan berada di salah satu pipi ataupun berada di bawah dagu, lalu memiliki mulut elastis yang dapat melebar sewajarnya orang yang akan melakukan senyuman, tidak di jahit karena kamu akan melakukan tersenyum dengan cara baik dan benar, bukan berdemo untuk menuntut sebuah keadilan yang ga bakalan di denger juga dengan para tikus DPR di atas sana.
- Nah gimana? udah lengkap dan proporsional keadaan muka kamu? langkah selajutnya adalah basuh wajah kamu dengan air, bukan spirtus atau bensin, karena kita sedang membaca tutorial cara tersenyum, bukan cara merakit bom molotov, baiknya ada mandi terlebih dahulu ataupun minimal mebasuh muka dan bercermin adakah benda asing terlarang di kirasan mata anda ataupun hidung dan di ujung bibir serta sela gigi.
-Langkah selajutnya kembangkan sedikit demi sedikit bibir kamu kesamping kanan dan kiri, ingat kesamping, bukan ke depan sampai jarak minimal panjang satu jari telunjuk kamu
- Tambahkan sejumput rasa ikhlas, karena faktor ikhlas ini yang bisa menentukan apakah kamu sudah melakukan tersenyum dengan baik dan benar atau belum, karena akan sia-sia jika kamu tak menanamkan rasa ikhlas di senyumanmu, jangan kaget jika kamu tidak mencampurkan ikhlas di senyumanmu, kamu bakal dapet kalimat-kalimat tidak mengenakkan hati dari orang yang kamu jadikan target untuk sasaran senyumanmu, seperti: "kenapa lu?sembelit?", atau juga bisa mendapatkan respon "sana gih cepetan ke wc, kalo mau boker ga usah di tahan-tahan gitu juga kali", atau yang paling parah orang yang kamu senyumin akan bertindak sigap untuk menelepon rumah sakit terdekat melaporkan kalau ada pasien stroke ringan yang harus mendapatkan tindakan medis dengan segera.
- Latihlah cara-cara diatas sesering mungkin di depan cermin, inget, cermin, bukan kaca! entah itu kaca spion mobil polisi yang sedang mengadakan razia ataupu kacamata dosen/gurumu yang sedang menerangkan mata kuliah di kelasmu, dan kamu harus pastikan disaat kamu sedang berlatih tidak ada seorang pun di dekatmu, atau kemungkinan terakhir jika itu terjadi, kamu akan jadi temen sekamar gue di bangsal yang gue tempatin sekarang.
- Coba segera!


2. Be Your Self
Lihat gambar di samping ! masih aja kalah tingkah polah kalian sama nenek super satu ini, meskipun dikata si nenek ini lecek bagai jemuran kering yang belum disetrika, dia tetap PeDe dengan dirinya sendiri, dan terus yakin dengan prinsipnya bahwa ia masih bisa move-on dan berbody Nickyta Mirzani, Tips yang kedua ini sangat penting buat kalian beradaptasi dengan lingkungan baru dengan mudah, tentunya dengan berkarakter sebagai si Anak Baru tentu kalian lebih condong untuk meniru senior yang lebih menarik entah itu lebih macho seperti Agung hercules ataupun ingin rambut yang lurus kaya di iklan-iklan yang dicontohkan para senior bila kita ingin cepat berbaur dengan lingkungan tersebut, apakah berarti kita beradaptasi? Yap! bener sekali, tidak lain dan tidak bukan itu jawaban yang sangat amat SALAH buat definisi adaptasi itu sendiri, inget...Kita mau beradaptasi, bukan memplagiat suatu sistem ortodox yang sudah terlanjur menclok di lingkungan kita, karena yang terbaik ialah membiasakan yang benar, bukannya malah membenarkan yang biasa, tetep PeDe dengan diri kamu sendiri itu bisa bikin 1 nilai plus buat kamu bisa beradaptasi dengan lingkungan baru, tapi over confidence juga ga baik, ga usah sok denga kePeDean kita, kalau nanti kalian lihat ada seseorang kawan lain jenis kalian tergesa-gesa menuju toilet, ga usah ke PeDean menawarkan bantuan ! entah itu sekedar nganter apalagi sampai dengan menjaganya sampai dengan selesai. yang dimaksud disini kalian harus PeDe dengan fisik dan kebiasaan kalian sendiri, adaptasi adalah metamorfosa dari kata perkembangan, yang namanya berkembang itu bisa kalian perumpamain dengan karet gelang yang di celupkan ke dalam tanki minyak tanah, oke ini jelas perumpamaan yang absurd -_-, tapi itulah perkembangan, itulah adaptasi, kita harus bisa tetap menjadi karet gelang dengan perubahan pengembangan diri yang mumpuni untuk tetep bisa survive di lingkungan baru kalian. Nah bukannya stuck memplagiat gaya orang apalagi ikut membenarkan kebiasaan yang salah di lingkunganmu!


3.Relax

  "Ga mau ah sob rilex mah mahal gila, sampe 2jt an harganya, bisa-bisa gue makan mie instan selama 1tahun penuh selama idup gue di kostan ini" || "ga juga kok sob, gue jual yang kw juga ada yang kw super sampe yang kw792 tenang aja, murah meriah kok, bisa di cicil juga".

 Oke, abaikan percakapan tersebut, yang gue maksud relax disini ialah jam tangan import kualitas nomer wahid yang ada fitur.....eh maap..Maksud gue relax a.k.a santai, yap point terakhir buat kamu bisa beradaptasi dengan lingkungan barumu dengan mudah adalah membuang semua gugup serta keteganganmu, untuk bagian ketegangan jangan dibuang semua, sisakan untuk pasanganmu :p. Dengan bersikap santai kita bisa terlihat tidak kaku layaknya seorang prajurit yang sedang berada di bawah komando sang komandan, kalo pun ada temen senior lu yang minta tolong "tolong ambilin map itu dong", kamu ga usah hormat senjata lalu bilang "siap dan" dengan dilanjutin merangkak layaknya kantor lu kerja ada ranjau tanam yang berada dimana-mana. Santai pun harus di selingi dengan rasa serius yang tak terlalu menonjol di pertemuan kamu dengan lingkungan baru yang seharusnya kamu bagi dengan 50-50 antara santai dengan keseriusannya, jika tadi kita udah sama-sama tau kalo serius berlebihan kaya gimana , ini adalah contoh santai yang berlebihan yang seharusnya kalian ga lakukan demi menjaga harkat martabat kalian pula: 

santai yang membabi-buta

nah, contoh diatas ini adalah suatu contoh kesewenangan santai yang berlebihan terhadap lingkungan sekitar, kalian bukannya akan cepat beraptasi dengan nyantai yang membabi-buta seperti ini, ya walaupun setidaknya kalian akan mendapatka uang recehan dari kegiatan santai seperti gambar di atas, tapi kalian ga akan bisa diterima di lingkungan baru kalian kalau kalian seperti itu.

Santailah sewajarnya seperti yang uda gue omongin tadi, dengan komposisi 50-50 kalian bakal bisa cepat beradaptasi dengan lingkungan sekitar dengan tetap menjaga kehormatan kamu dan keluargamu itu.


Nah guys, itu tips dari gue untuk 3 langkah Cara Cepat beradaptasi dengan lingkungan baru dengan Mudah, prektekanlah jika memang kalian masih memliki sisa umur yang memadai untuk terus melanjutkan hidup di dunia yang fana ini.
0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 komentar: