Minggu, 06 Juli 2014

Trik Memperbesar Memori Internal Android (Tutorial)

Salam manis *sambil ngaca


Cara ini yang udah gue praktekin sendiri dan work on my gadget Smartfren Andro HS-E910 dan udah beberapa kali gue coba di hh temen-temen gue galyoung, galmin, experia neo yang selalu mengeluhkan kalau memori internalnya kecil, dan langsung penuh hanya dengan mengisi beberapa aplikasi saja.

trik ini berbasis dengan penerapan manual script aplikasi LINK2SD yang berfungsi memindahkan semua Sistem aplikasi berikut data ke memori card SD external.

Bahan-Bahan: 
1. Hh 
  Hh(gadget bagi yang ga ngerti hh) yang sudah di root ber-OS android, bukan BB,iOS,Windowsphone ataupun Nokia3350. Bersifat pribadi, usahakan benar-benar milik pribadi yang cicilannya sudah lunas.

2. Memory Card External
 atau biasa kita sebut dengan microSD, masih sama, dianjurkan milik pribadi bukan minjem ataupun mengambil yang bukan haknya. MicroSD disini sangat berpengaruh besar karena nantinya semua sistem aplikasi akan dijalankan ole microSD, jadi gue sarankan memakai MicroSD class10, untuk mempercepat proses pembacaan data agar nantinya proses penjalanan aplikasi tidak mengalami lag. bagi yang gatau perbedaan microSD class10, ini sama sekali bukan berarti memory card yang di jual oleh siswa kelas 10 ataupun pedagang kartu memori yang bertangan 10, oiya jangan sekali-kali menggunakan memory PS ataupun PS2, hal ini sangat tidak disarankan! SDcard class10 biasanya dijual di outlet-outlet khusus andoroid, biasanya di bungkusnya ada tulisan (class10), saya memakai merk ULTRA SAN*ISK sekarang, dan pastikan harus sudah dipartisi. Tidak dipermasalahkan untuk berlabelkan halal dari MUI.


3. Aplikasi tambahan

-Root Explorer

-Link2SD

-Titanium Backup



Step by step: 


1. Ucapkan Bismillahirrahmanirrahim..

2. Backup semua aplikasi+Data pada aplikasi Titanium Backup, lalu flash ulang hh.

3. Setelah hh menyala, instal aplikasi : Root explorer, Link2SD dan Titanium Backup.

4. Masuk ke aplikasi LINK2SD, ada perintah create script mount, disarankan pilih yang ext.4

5. JANGAN restart hh/reboot terlebih dahulu, klick back untuk menghilangkan perintah create script mount ketika sudah terpasang, lalu masih pada aplikasi LINK2SD masuk ke pengaturan dan HILANGKAN TANDA CEKLIS (v) pada pilihan :
   ~ Autolink (otomatis link-kan).
   ~ Relink lib files at boot ( buat ulang link lib saat boot ).
   ~ Relink dex files at boot ( link-kan files dex saat boot ).





6. Masih dalam keadaan hh belum di restart, keluar dari aplikasi LINK2SD, lalu masuk ke dalam pengaturan system hh anda untuk masuk ke dalam pengaturan APLIKASI dan beri tanda ceklis (v) untuk "unknown source (sumber tidak dikenal)", lalu masuk pada development (pengembangan) dan beri tanda ceklis (v) pada pilihan Debugging USB.




7. Pastikan step 1-6 sudah berjalan sesuai urutan, lalu RESTART/REBOOT hh anda.

8. Setelah hh menyala kembali, masuk ke aplikasi Root Explorer, masuk ke dalam folder:  /Data/Disini
lalu pilih dan copy pada pilihan : 
   ~ App
   ~ App Private
   ~ Dalvick Cache
   ~ Data



9. Lalu pastekan folder yang telah di copy tadi ke dalam folder SDext2 ( masih dalam folder /Data ), hapus terlebih dahulu jika ada folder atau file lain di SDext2 .




10. Tahan satu persatu folder sehingga muncul pilihan "LINK TO THIS FOLDER", lalu tekan back dan dilanjutkan dengan tekan "CREATE LINK", jika benar, akan ada tanda bahwa folder di /Data sudah terlink dengan folder /Data/SDext2 ditandai dengan adanya anak panah ( -> ) pada folder tersebut dengan urutan sebagai berikut :

~ app -> app rwxrwxrwx
~ app-private -> app-private rwxrwxrwx
~ Dalvik Cache -> Dalvik Cache rwxrwxrwx
~ Data -> Data rwxrwxrwx 






11. Setelah memastikan semua folder sudah terlink dan ada tanda anak panah, restart/reboot hh anda.

12. Jika setelah restart tidak ada aplikasi atau system yang mengalami masalah FORCE CLOSED. Itu berarti anda sudah sudah menjadi murid yang budiman, tapi jika terjadi error FORCE CLOSED berarti ada step yang terlewat dan itu berarti anda harus mengulangi dari step pertama.

13. Setelah benar-benar memastikan tidak ada error, jangan pernah rubah Setting pada aplikasi LINK2SD lagi. Restore aplikasi serta data yang tadi di awal sudah di backup lewat Titanium Backup.

14. Jika anda sudah benar-benar mengikuti tutorial ini, seharusnya memory internal anda hanya akan terpakai maksimal 3% pemakaian berapapun aplikasi yang anda instal. Ini contohnya :


15. Semua faktor mempengaruhi langkah ini, dari mulai faktor amal ibadah sampai faktor ketampanan wajah, dan terutama kelancaran membaca dan mengikuti tutorial ini sesuai step yang tertulis. 

DO IT WITH YOUR OWN RISK !!!

Salam Olahraga.
* Lambai tangan ke kamera.



Tutorial ini gue dapet dari grup gadget android gue yaitu : [ Official Group ] Smartfren Andro HS-E910 "INDONESIA"

dan disunting oleh mastah : Ari -> https://www.facebook.com/ari.natakusuma

Langsung ajukan pertanyaan jika diperlukan!
0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 komentar: